Kertas Bisa Jadi Bahan Baku Robot

25 Feb

New Scientist Ilustrasi membuat bagian robot yang berbahan kertas.

MASSACHUSETTS, KOMPAS.com – Banyak orang mungkin takkan membayangkan bahwa kertas bisa menjadi bahan baku robot. Namun, kenyatannya, kertas cukup aplikatif untuk digunakan. Dengan menggunakan prinsip origami, kertas bisa dipakai untuk membuat robot dengan biaya lebih murah.

George Whiteside dari Harvard University adalah pakar robotik yang mencobanya. Setelah membuat robot cumi dengan plastik, ia mencoba menggunakan material kertas untuk robot yang mampu membengkokkan, memutar dan bahkan mengangkat benda berat.

Material kertas punya keunggulan. Kertas fleksibel, tetapi tidak meregang seperti bahan plastik atau karet, sehingga cocok untuk struktur kaku. Contoh, dengan teknik lipat, kertas bisa dibuat sebagau saluran selebar 1 cm dengan berat hanya 8 gram.

Kertas juga bisa dilem satu sama lain sehingga bisa menciptakan struktur yang lebih besar. Misalnya struktur berbentuk U.

Desain yang sederhana bisa terus dikembangkan sehingga bisa menciptakan robot yang makin persis seperti manusia. Robot berbahan kertas suatu saat bisa dipakai untuk membantu dokter mengoperasi maupun memegang objek halus seperti telur dan buah. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: