SIKAP SEORANG MURID : SETIA DAN MAU BELAJAR

21 Feb

Bacaan Firman
Bacalah Keluaran 33:11; Bilangan 11:27-29; II Raja-raja 2 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini

Pertanyaan Renungan :
1. Apa yang dilakukan Yosua setelah melihat Musa berbicara dengan Tuhan? (Kel 33:11).
2. Mengapa Yosua meminta Musa mencegah orang lain kepenuhan Roh Tuhan? (Bil 11:27-29).
3. Hal apakah yang dilakukan nabi Elisa kepada nabi Elia? (II Raja-raja 2).
Seorang murid adalah seorang pengikut. Sebagai seorang pengikut, sang murid bukan hanya mencari ilmu pengetahuan, tetapi juga pengabdian diri. Jadi, murid Kristus adalah orang-orang yang mau belajar dan diajar tentang kebenaran firman Tuhan, agar mengabdikan diri kepada Tuhan. Di dalam Alkitab, kita menemukan beberapa contoh tentang murid yang mengabdikan diri kepada gurunya : Musa dan Yosua (Bil 11:28). Pemilihan Allah atas Yosua untuk mengganti Musa bukanlah tiba-tiba. Sebab selama Musa memimpin bangsa Israel, Yosua menjadi abdi yang setia (Kel. 33:11) dan belajar cara hidup dari kepemimpinan Musa. Itulah sebabnya Yosua dipilih untuk mengintai Tanah Kanaan. Tetapi, ketika mereka kembali kepada Musa, sepuluh pengintai menjadi pesimis untuk menghadapi orang Kanaan, kecuali Yosua dan Kaleb yang optimis bahwa orang-orang Israel pasti merebut Tanah Perjanjian. Mengapa mereka berdua optimis? Karena mereka menjadi murid yang setia dan mau belajar dari Musa (Bilangan 14:6-9). Selain Yosua dan Kaleb, kita mengenal Elisa yang menjadi murid Elia. Elisa belajar dengan setia sampai menjadi nabi menggantikan Elia. Meski tidak diceritakan tentang proses pemuridan yang dilakukan oleh keduanya, namun mereka selalu melayani secara bersama-sama sampai Elia terangkat naik ke sorga, maka kita bisa belajar dari kehidupan mereka. Salah satu sikap yang setia dari Elisa adalah ia tidak mau meninggalkan Elia sampai ia melihat sendiri bagaimana Elia terangkat ke sorga (II Raja-raja 2:11-14). Hasilnya, Elisa menerima urapan roh Elia dua kali lipat, sehingga pelayanan Elisa sangat dahsyat. Lalu, Elisa memimpin sekelompok nabi untuk melayani bersama-sama karena ia telah belajar dari Elia.

Renungan firman:
Seberapa besar keinginan Anda untuk belajar dari pemurid Anda? Diskusikan di komsel gaya hidup murid Kristus tentang kesetiaan dan mau belajar mempraktekkan gaya hidup murid Kristus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: