Penemuan 9 Makam Bangsa Wari Dekat Reruntuhan Machu Picchu

21 Feb

Siapa yang tidak mengenal kemahsyuran dan kemegahan peninggalan Peradaban Suku Inca. Ternyata ada Peradaban Suku lain yang menempati Pegunungan Peru sebelum mereka, yaitu Peradaban Wari.

Pegunungan Andes bulan Februari lalu mengungkap sebuah peradaban yang bermukim disana sebelum suku Inca. Peradaban Pra Hispanik, Suku Wari. Ini dibuktikan dengan penemuan situs arkeologi yang menggali sembilan kubur purba dari sisa-sisa peradaban mereka.

Komplek sembilan makam suku Wari ditemukan di wilayah selatan Cusco, yang kemudian menjadi tempat berkembangnya peradaban Inca dikemudian hari. Jika dipelajari lebih lanjut, maka Peradaban Wari bisa menjelaskan Asal Usul Kerajaan Inca yang perkasa.
Dari penggalian diketahui bahwa Suku Wari telah ada dan bermukim disini antara 700-1200 Masehi. Kementrian Kebudayaan Peru, Juan Ossia mengatakan, "Kerajaan Inca bisa saja terinspirasi dari Budaya Wari, memungkinkan Inca mengembangkan seluruh sistem politik mereka".

Perisai dada milik Bangsawan Suku Wari
Mengacu pada The Lord of Vilca yaitu sebuah mummi Dewa Sipan yang ditemukan pada tahun 1987 di wilayah Peru Utara, temuan terbaru ini adalah yang terbesar sejak reruntuhan Machu Picchu ditemukan seratus tahun yang lalu. Saat ini saja situs Machu Picchu telah menarik 500.000 pengunjung setiap tahunnya.
Suku Inca seperti diketahui telah mendirikan Kerajaan Terbesar di dunia, baru sekitar 1400-1532 Masehi. Penjelajah Spanyol yang menyerbu masuk dan memaksa mereka berlindung dibalik wilayah Vilcabamba, Cusco yang menjadi tempat kuburan mereka.
Lokasi makam yang berada ditengah rimba dan jangkauan yang rumit menginspirasikan struktur politik Inca yang memang rumit. Inca membangun tempat-tempat persembunyian di lokasi yang sangat sulit dicapai dan tersembunyi.

Keramik dari masa Wari yang ditemukan

Lokasi Penemuan makam Peradaban Wari

Situs Macchu Picchu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: