Perhatian PeMURID kepada MURIDNYA

16 Feb

Bacaan Firman
Bacalah 1 Timotius 5:23; 1 Timotius 4:8 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan perenungan :
1. Apa nasihat Paulus kepada Timotius? Mengapa? (1 Timotius 5:23).
2. Apakah latihan badani itu berguna bagi kita? (1 Timotius 4:8).
3. Apa manfaatnya ibadah bagi kita? Mengapa? (1 Timotius 4:8).

Seorang hamba Tuhan pernah berkata bahwa umur panjang ada di tangan Tuhan, tetapi kesehatan ada di tangan kita. Artinya, Tuhan mempercayakan tubuh ini kepada kita untuk dijaga dan dirawat, agar supaya tubuh kita tetap sehat dan bisa melayani Tuhan dengan efektif. Tuhan memberi hikmat kepada kita untuk memelihara tubuh kita lewat makanan bergizi yang kita makan, olah raga teratur yang kita lakukan serta memiliki jam istirahat yang cukup. Ada orang yang terlalu sibuk untuk bekerja atau melayani pekerjaan Tuhan tanpa memperhatikan kondisi tubuh mereka. Bukan hanya itu, mereka juga tidak memperhatikan kondisi rohani mereka karena terlalu sibuk melayani pekerjaan Tuhan. Karena kesibukan tersebut, terkadang mereka hanya memiliki waktu yang sedikit untuk membangun hubungan dengan Tuhan, bahkan mereka bisa melupakan Tuhan yang empunya pelayanan. Jika kita memiliki waktu yang banyak untuk melayani Tuhan lewat Saat Teduh yang kita lakukan, maka kita bisa mendengar suara Tuhan untuk mengetahui kehendak-Nya bagi kita. Karena kita percaya bahwa, jika Tuhan menghendaki kita untuk melakukan kehendak-Nya, maka Tuhan akan menaungi dan melindungi kita lewat kekuatan dari hadirat-Nya. Sebagai pemurid yang baik dan penuh perhatian, Paulus memperhatikan kondisi rohani, jiwa dan tubuh Timotius dengan baik. Kata Paulus, “Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita,”(1 Tesalonika 5:23).

Rerenungan Firman :
Sudahkah Anda membuat komitmen untuk mempraktekkan hasil renungan ini? Ceritakan pengalaman Anda di komsel bagaimana Anda mempraktekkan firman Tuhan hari ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: