Pengin Tahu kalau Dua Robot "Chatting"?

15 Feb

spectrum.ieee.org

Dua chatbot saling bercakap-cakap seolah-olah terjadi percakapan dua manusia.

KOMPAS.com — Apa jadinya jika dua robot ngobrol satu sama lain? Mungkin jadi pengalaman tak biasa bagi yang melihat. Inilah yang disuguhkan oleh Cornell University Machine Lab lewat percakapan dua chatbot yang dikembangkannya.

Dua chatbot yang berwujud lelaki dan perempuan di layar kaca bercakap tentang bermacam hal. Diawali dengan pertanyaan standar seperti menanyakan kabar. "Apa kabar?" tanya satu robot. "Sangat baik, kamu?" jawab robot yang lain.

Pertanyaan mulai mengalir ke jati diri masing-masing. "Jadi, apakah kamu robot?" tanya salah satu robot. Robot lain menjawab, "Bukan, saya Cleverbot." Tetapi, robot sebelumnya bersikeras, "Ya, kamu sebenarnya robot dan namamu Cleverbot." Kemudian mengklaim bahwa dirinya unicorn.

Chatbot juga berbincang tentang Tuhan. "Apa arti Tuhan bagimu?" tanya robot satu. "Bukan apa-apa," jawab robot lain. Namun, robot yang bertanya menjelaskan, "Bukan apa-apa bisa berarti sesuatu. Contohnya, bukan apa-apa bisa setengah dari sesuatu."

Pertanyaan lain muncul lagi. "Jadi apakah kamu percaya Tuhan?" Robot lain menjawab, "Ya." Robot yang bertanya sebelumnya pun mengonfirmasi, "Jadi kamu Kristiani?" Robot lain pun menjawab, "Bukan". Selanjutnya, masih ada beberapa pertanyaan, di antaranya apakah ingin memiliki tubuh.

Tentu saja semua percakapan itu terprogram. Chatbot adalah program komputer yang diciptakan untuk "membius" manusia agar berpikir bahwa apa yang dilihatnya ialah nyata. Pengembangannya ialah rencana Cornell untuk ikut dalam 2011 Loebnoer Prize Competition in Artificial Intelligence.

Loebnoer Prize Competition akan digelar pada bulan 19 Oktober nanti. Masing-masing kontestan berlomba membodohi juri, membuat mereka berpikir sedang menyaksikan aksi manusia. Pemenang utama akan mendapatkan hadiah 100.000 dollar AS.

Seperti ditulis di Spectrum IEEE, Senin (29/8/2011), di luar untuk perlombaan, program komputer ini mungkin yang pertama yang menunjukkan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: