Materi Gelap Berhasil Dipetakan

15 Feb

Ludovic Van Waerbeke Peta Materi Gelap

TEXAS, KOMPAS.com – Materi gelap mungkin masih dianggap teori dan tak terdeteksi oleh teleskop di Bumi. Namun, para astronom kini telah berhasil memetakannya.
Untuk membuat peta itu, astronom mempelajari 10 juta galaksi di empat area langit memakai kamera 340 piksel di Hawaii. Mereka mencari materi gelap dengan melihat distorsi cahaya dari galaksi itu. Gravitasi dari materi gelap akan membiaskan cahaya.
Peta yang berhasil dibuat menguak distribusi materi gelap di ruang angkasa dengan rentang 1 miliar tahun cahaya atau sekitar 10 triliun kilometer.
Peta materi gelap ini merupakan perkembangan baru dalam astronomi. Materi gelap berfungsi seperti lem bagi semesta, menyatukan galaksi-galaksi. Sampai saat ini, gambaran materi gelap hanyalah simulasi.
Hasil penelitian materi gelap dalam bentuk peta ini dipresentasikan di American Astronomical Society di Austin, Texas.
Lodovic Van Waerbeke, peneliti dari University of British Columbia, Kanada, seperti dikutip Daily Mail, Selasa (10/1/2012) mengatakan, "Sangat mengagumkan bisa ‘melihat’ materi gelap dengan distorsi ruang dan waktu."
Van Waerbeke mengungkapkan, mengetahui distribusi materi gelap adalah langkah pertama agar bisa mengetahui sifatnya dan sejauh mana kesesuaiannya dengan konsep fisika masa kini.
Dr Catherine Heymans, peneliti dari University of Edinburgh yang juga terlibat riset mengungkapkan, "Kami berharap bahwa dengan  memetakan lebih banyak materi gelap dari sebelumnya, kita bisa satu langkah lebih dekat dalam memahaminya dan relasinya dengan galaksi di semesta kita."

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: