ALKITAB LUKAS

7 Feb

Penulis          : Lukas
Tema             : Yesus, Juruselamat yang Ilahi dan Manusiawi
Tanggal Penulisan: Tahun 60-63 M

Latar Belakang
~~~~~~~~~~~~~~
Injil Lukas adalah kitab pertama dari kedua kitab yang dialamatkan kepada seorang bernama Teofilus (Luk 1:1,3; Kis 1:1). Walaupun nama penulis tidak dicantumkan dalam dua kitab tersebut, kesaksian yang bulat dari kekristenan mula-mula dan bukti kuat dari dalam kitab-kitab itu sendiri menunjukkan bahwa Lukaslah yang menulis kedua kitab itu.

Rupanya Lukas adalah seorang petobat Yunani, satu-satunya orang bukan Yahudi yang menulis sebuah kitab di dalam Alkitab. Roh Kudus mendorong dia untuk menulis kepada Teofilus (artinya, “seorang yang mengasihi Allah”) guna memenuhi suatu kebutuhan dalam jemaat yang terdiri dari orang bukan Yahudi akan kisah yang lengkap mengenai permulaan kekristenan. Kisah ini terdiri atas dua bagian:

(1) kelahiran, kehidupan dan pelayanan, kematian, kebangkitan, dan kenaikan Yesus (Injil Lukas), dan

(2) pencurahan Roh di Yerusalem dan perkembangan selanjutnya dari gereja mula-mula (Kitab Kisah Para Rasul). Kedua kitab ini merupakan lebih dari seperempat bagian dari seluruh PB.

Dari surat-surat Paulus, kita mengetahui bahwa Lukas adalah seorang saudara “yang kekasih … seorang dokter” (Kol 4:14) dan seorang teman sekerja Paulus yang setia (2Tim 4:11; File 1:24; bd. perikop-perikop “kami” di Kisah Para Rasul, lihat “PENDAHULUAN KISAH PARA RASUL” 08177). Dari penulisan Lukas sendiri kita mengetahui bahwa ia seorang yang berpendidikan tinggi, penulis yang terampil, sejarahwan yang teliti dan teolog yang diilhami.  Ketika ia menulis Injilnya, agaknya gereja bukan Yahudi belum memiliki Injil yang lengkap atau yang tersebar luas mengenai Yesus. Matius menulis Injilnya pertama-tama bagi orang Yahudi, sedangkan Markus menulis sebuah Injil yang singkat bagi gereja di Roma. Orang percaya bukan Yahudi yang berbahasa Yunani memang memiliki kisah-kisah lisan mengenai Yesus yang diceritakan oleh para saksi mata, juga intisari tertulis yang pendek tetapi tidak suatu Injil yang lengkap dan sistematis (lih. Luk 1:1-4). Jadi, Lukas mulai menyelidiki segala peristiwa itu dengan saksama “dari asal mulanya” (Luk 1:3). Barangkali ia mengerjakan penelitiannya di Palestina sementara Paulus berada di penjara Kaisarea (Kis 21:17; Kis 23:23-26:32), dan menyelesaikan Injilnya menjelang akhir masa itu atau segera setelah ia tiba di Roma bersama dengan Paulus (Kis 28:16).
Garis Besar
~~~~~~~~~~~
I.  Pendahuluan Injil Lukas
(Luk 1:1-4)
II. Kedatangan Juruselamat
(Luk 1:5-2:52)
A. Pemberitahuan Kelahiran Yohanes
(Luk 1:5-25)
B. Pemberitahuan Kelahiran Yesus
(Luk 1:26-56)
C. Kelahiran Yohanes Pembaptis
(Luk 1:57-80)
D. Kelahiran Yesus
(Luk 2:1-20)
E. Yesus di Bait Allah Sebagai Seorang Bayi
(Luk 2:21-39)
F. Kunjungan Yesus ke Bait Allah Sebagai Seorang Anak
(Luk 2:40-52)
III.Persiapan bagi Pelayanan Juruselamat
(Luk 3:1-4:13)
A. Pemberitaan Yohanes Pembaptis
(Luk 3:1-20)
B. Pembaptisan Yesus
(Luk 3:21-22)
C. Silsilah Yesus
(Luk 3:23-38)
D. Pencobaan Yesus
(Luk 4:1-13)
IV. Pelayanan di Galilea
(Luk 4:14-9:50)
A. Permulaan Pelayanan Yesus dan Penolakan di Nazaret
(Luk 4:14-30)
B. Kapernaum: Wibawa Ilahi Yesus Dinyatakan
(Luk 4:31-44)
C. Penangkapan Ikan yang Ajaib
(Luk 5:1-11)
D. Penyembuhan Orang yang Sakit Kusta
(Luk 5:12-16)
E. Wewenang Yesus Ditantang
(Luk 5:17-26)
F. Juruselamat Orang-Orang Berdosa
(Luk 5:27-32)
G. Peresmian Tatanan Baru
(Luk 5:33-6:49)
H. Demonstrasi Kuasa Ilahi
(Luk 7:1-8:56)
I. Yesus Memberikan Kuasa kepada Murid-Murid-Nya
(Luk 9:1-6)
J. Herodes dan Yohanes Pembaptis
(Luk 9:7-9)
K. Memberi Makan Lima Ribu Orang
(Luk 9:10-17)
L. Pengakuan Petrus dan Tanggapan Yesus
(Luk 9:18-27)
M. Kemuliaan Juruselamat Dinyatakan
(Luk 9:28-50)
V.  Pelayanan Selama Perjalanan Terakhir ke Yerusalem
(Luk 9:51-19:28)
A. Misi Penebusan Juruselamat
(Luk 9:51-10:37)
B. Petunjuk Khusus Yesus Mengenai Pelayanan dan Doa
(Luk 10:38-11:13)
C. Peringatan Yesus kepada Para Musuh dan Para Pengikut
(Luk 11:14-14:35)
D. Perumpamaan-Perumpamaan tentang yang Terhilang dan Ditemukan Kembali
(Luk 15:1-32)
E. Perintah-Perintah Kristus kepada Para Pengikut-Nya
(Luk 16:1-17:10)
F. Sembilan Orang Kusta yang Disembuhkan Namun Tak Berterima Kasih
(Luk 17:11-19)
G. Kedatangan Kembali Kristus Secara Mendadak Dinubuatkan
(Luk 17:20-18:14)
H. Juruselamat, Anak-Anak Kecil dan Seorang Pemimpin yang Kaya
(Luk 18:15-30)
I. Menjelang Akhir Perjalanan
(Luk 18:31-19:28)
VI. Minggu Penderitaan
(Luk 19:29-23:56)
A. Yesus Memasuki Yerusalem
(Luk 19:29-48)
B. Yesus Mengajar Setiap Hari di Bait Allah
(Luk 20:1-21:4)
C. Yesus Bernubuat tentang Kebinasaan Bait Allah dan Kedatangan-Nya
Kembali (Luk 21:5-38)
D. Persiapan-Persiapan Terakhir dan Perjamuan Malam
(Luk 22:1-38)
E. Getsemani dan Pengkhianatan
(Luk 22:39-53)
F. Pengadilan Yahudi
(Luk 22:54-71)
G. Pengadilan Romawi
(Luk 23:1-25)
H. Penyaliban
(Luk 23:26-49)
I. Penguburan
(Luk 23:50-56)
VII.Kebangkitan Sampai Kenaikan
(Luk 24:1-53)
A. Pagi Kebangkitan
(Luk 24:1-12)
B. Penampakan Diri Tuhan yang Sudah Bangkit
(Luk 24:13-43)
C. Pesan-Pesan Perpisahan
(Luk 24:44-53)
Tujuan
~~~~~~
Lukas menulis Injil ini kepada orang-orang bukan Yahudi guna menyediakan suatu catatan yang lengkap dan cermat “tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus, sampai pada hari Ia terangkat” (Kis 1:1-2).  Lukas yang menulis dengan ilham Roh Kudus, menginginkan agar Teofilus dan para petobat bukan Yahudi serta orang-orang lain yang ingin mengetahui kebenaran akan mengetahui dengan pasti kebenaran yang tepat yang telah diajarkan kepada mereka secara lisan (Luk 1:3-4). Kenyataan bahwa tulisan Lukas ini ditujukan kepada orang-orang bukan Yahudi tampak dengan jelas di seluruh kitab Injil ini; misalnya, ia merunut silsilah Yesus sebagai manusia sampai _kepada Adam_ (Luk 3:23-38) dan tidak hanya _sampai Abraham_ seperti yang dilakukan oleh Matius (bd. Mat 1:1-17). Dalam kitab Lukas, Yesus dengan jelas terlihat sebagai Juruselamat yang ilahi-insani yang menjadi jawaban Allah bagi kebutuhan segenap keturunan Adam akan keselamatan.

Survai
~~~~~~
Injil Lukas mulai dengan kisahan masa bayi yang paling lengkap (Luk 1:5-2:40) dan satu-satunya pandangan sekilas di dalam Injil-Injil mengenai masa pra remaja Yesus (Luk 2:41-52). Setelah menceritakan pelayanan Yohanes Pembaptis dan memberikan silsilah Yesus, Lukas membagi pelayanan Yesus ke dalam tiga bagian besar:

(1) pelayanan-Nya di Galilea dan sekitarnya (Luk 4:14-9:50),

(2) pelayanan-Nya pada perjalanan terakhir ke Yerusalem (Luk 9:51-19:27), dan

(3) minggu terakhir-Nya di Yerusalem (Luk 19:28-24:43).

Walaupun mukjizat-mukjizat Yesus dalam pelayanan-Nya di Galilea cukup mencolok di dalam tulisan Lukas, fokus utama Injil ini ialah pengajaran dan perumpamaan-perumpamaan Yesus selama pelayanan-Nya yang luas dalam perjalanan-Nya ke Yerusalem (Luk 9:51-19:27). Bagian ini mengandung himpunan materi terbesar yang unik dalam kitab Lukas, dan mencakup banyak kisah dan perumpamaan yang sangat digemari. Ayat terpenting (Luk 9:51) dan ayat kunci (Luk 19:10) dari Injil ini terdapat pada permulaan dan menjelang akhir materi Lukas yang khusus ini.
Ciri-ciri Khas
~~~~~~~~~~~~~~~
Delapan penekanan yang utama menandai Injil Lukas:

(1) Injil ini adalah yang terlengkap catatannya mengenai peristiwa di dalam kehidupan Yesus sejak menjelang kelahiran sampai kenaikan-Nya, dan juga kitab yang terpanjang dalam PB.

(2) Kitab ini mempunyai kesusastraan terbaik dari semua Injil, menunjukkan gaya penulisan dan isi yang luar biasa, kosa kata kaya dan penguasaan bahasa Yunani yang baik sekali.

(3) Lukas menekankan cakupan universal dari Injil – bahwa Yesus datang untuk membawa keselamatan bagi semua orang, baik orang Yahudi maupun orang bukan Yahudi.

(4) Perhatian Yesus terhadap orang yang serba kekurangan ditekankan, termasuk para wanita, anak-anak, orang miskin, dan kelompok yang dianggap sampah masyarakat;

(5) Injil Lukas menekankan kehidupan doa Yesus dan pengajaran-Nya mengenai doa.

(6) Gelar yang terutama untuk Yesus dalam kitab ini adalah “Anak Manusia”.

(7) Tanggapan sukacita menandai mereka yang menerima Yesus dan berita-Nya.

(8) Roh Kudus diberikan peranan terpenting dalam kehidupan Yesus dan umat-Nya (mis. Luk 1:15,41,67; Luk 2:25-27; Luk 4:1,14,18; Luk 10:21; Luk 12:12; Luk 24:49).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: