SUCCESS LIES OUTSIDE YOUR COMFORT ZONE

6 Feb

“Do the thing You fear and the death of fear is certain”. (Ralph Waldo Emerson) SAYA pernah mendengar sebuah ungkapan sederhana yang menyadarkan diri saya. Ungkapan itu berbunyi,” Jika Anda ingin menjadi seorang yang sukses, Anda harus rela merasa tidak nyaman. Bukankah hal ini sering bertolak belakang dengan apa yang dicari manusia selama ini. Sebahagian besar manusia berusaha menghindari perasaan tidak nyaman, namun sayangnya disitulah kesuksesan sering kali terletak. Dlama usaha kita meraih tujuan yang ingin kita capai, mau tidak mau kita harus menghadapi perasaan tidak nyaman. Contoh, memulai bisnis baru, belajar hal-hal yang baru, atau berbicara di depan umum. Apa yang mungkin ditakuti seseorang mungkin tidak begitu dihiraukan oleh orang lain. Rasa takut dan khawatir mulai muncul ketika kita melangkah keluar dari zona nyaman kita. Hal-hal yang ada di dalam lingkaran zona nyaman adalah hal yang sering kita hadapi dan kita merasa aman dan nyaman dalam melakukannya. Pertanyaan penting yang harus Anda jawab adalah apa yang selama ini yang membuat Anda khawatir dan takut untuk mengambil tindakan yang menurut Anda sebenarnya adalah langkah maju menuju kesuksesan Anda. Apakah mencari prospek client yang baru (khusunya bagi mereka para salesman)? Apakah keinginan untuk pindah pekerjaan? Apakah ketakutan untuk mempelajari hal-hal yang baru yang dapat meningkatkan kemampuan Anda di pekerjaan? Anda perlu menjawab dengan jujur ketakutan apa yang selama ini menghambat laju Anda untuk mencapai tingkat sukses yang lebih tinggi. Jika tidak, sulit bagi Anda untuk bertumbuh dan berkembang. Lari dari ketakutan yang sebenarnya dapat membuat Anda lebih sukses, adalah strategi yang salah. Tentu Anda merasakan suatu perasaan lega ketika Anda lari dari ketakutan itu. Namun perasaan lega itu hanya berlangsung sesaat karena ada harga yang harus ANda bayar yaitu rasa percaya diri ANda akan merosot, Anda juga akan merasa tak berdaya dan frustasi dan bahkan Anda telah melakukan sabotase terhadap usah pencapaian sukses Anda. Bertanyalah kepada diri Anda, apakah sepadan harga yang Anda bayar ketika Anda lari dari ketakutan Anda? Hadapilah ketakutan Anda karena itulah saat dimana Anda kan maju dan berjalan dalam langkah kesuksesan Anda. Ingatlah bahwa mereka yang suksesjugamemiliki ketakutan mereka sendiri, namun mereka berani menghadapinya walaupun ketakutan menyelimutinya karena mereka sadar disitulah tempat yang harus dituju untuk meraih kesuksesan yang lebih besar lagi.

Champion’s Tips:
Tulislah tiga hal yang Anda tahu sebagai langkah untuk selangkah lebih maju namun Anda menunda langkah Anda. Cobalah pikirkan baik-baik, the worst scenario untuk setiap ketakutan itu dan mulailah mengambil tindakan untuk menghadapinya.

Change Your Perspective about Failure

 

“The greatest mistake a person can make is to be afraid of making one”. (Elbert Hubbard)Pernahkah Anda mengingat masa kecil Anda ketika Anda pertama kali mecoba untuk menjalankan sebuah sepeda? Apakah Anda langsung berhasil menjalankannya? Rasanya tidak mungkin. Namun apakah Anda berhenti mencobanya ketika kegagalan terjadi bertubi-tubi? Tentu juga tidak karena Anda jauh berfokus terhadap benefitnya dibandingkan ketakutan Anda. Namun mengapa begitu banyak orang dewasa yang hanya memberikan usaha singkat untuk menyatakan bahwa mereka tidak mampu? Perbedaannya nilai dari kegagalan jauh berbeda nilainya ketika kita masih kecil. Seorang anak kecil mengibaratkan kegagalan sebagai suatu pintu menuju kesuksesan, sedangkan kebnyakan orang dewasa melihatnya sebagai pintu kritikan, cemoohan dan sesuatu yang tabu. Dua orang penulis buku yang memuat cerita-cerita inspirasional berkeliling mencari penerbit untuk menerbitkan buku mereka. Penerbit pertama menolak buku mereka demikian juga penerbit yang kedua, ketiga sampat ke tiga puluh tiga. Namun mereka memiliki sikap yang pantang menyerah dan memberanikan diri untuk mengirimkan naskah bukunya kepada penerbit yang 34, alhasil buku Chicken Soup for the Soul mampu menorehkan penjualan fantastis melebihi 80 juta ekspemplar. Jack Canfield dan Mark Victor Hansen sangat menyadari pentingnya melewati kegagalan demi kegagalan sebelum mencapai tujuan yang mereka idam-idamkan. Anda mungkin memiliki perasaan kecewa ketika Anda gagal, namun Anda jauh lebih baik dibandingkan mereka yang tidak pernah mencobanya. Anda tidak mungkin selalu berhasil dalam usaha Anda. Seorang salesman terbaik sekalipun sadar bahwa ia tidak mampu memiliki closing rate 100%, seorang bisnisman terhebat sekalipun sadar bahwa tidak selalu investasi yang dipilihnya menguntungkan. Saya teringat akan usaha saya meminta surat endorsement kepada beberapa penulis dan pembicara motivasi hebat dunia. Syukur, saya dapat beberapa penullis yang mendukung niat saya setelah berkali-kali meminta mereka. Namun, ada juga beberapa penulis yang dengan alasan tertentu menolak permintaan saya. Salah satunya adalah Zig Ziglar, entah berapa surat yang saya layangkan khusus untuk Mr. Zig agar diberikan surat endorsement namun tidak diberikannya. Akhirnya, pada suarat terakhir ia mengakui persistent saya dalam memintanya namun tetap menolak. Saya merasakan kegagalan ini, namun setelah berpikir sejenak saya merasa tidak gagal, karena Zig Ziglar menulis surat pribadi kepada saya dan membubuhkan tanda tanganya yang asli untuk saya. Hal inipun merupakan suatu kehormatan bagi saya. Ingatlah dan arahkanlah tembakanmu jauh ke bintang-bintang, karena kalau tidak smapiapun , anak panah itu masih mendarat di atas bulan.

Hidup ini bagikan musim yang selalu berganti, kadang Anda menang, kadang Anda kalah. Setiap tingkat kesuksesan yang baru menyediakan kegaglan-kegalan tersendiri, mampu mengatsinya, Anda akan naik ke jenjang yang berikutnya. Satu hal yang pasti dibutuhkan adalah sikap yang positif dalam mengartikan kegagalan dalam usaha Anda. Sikapilah kegagalan itu sebagai hal yang sementara dan ingatlah kegagalan itulah yang merupakan pintu menuju sukses Anda berikutnya.

Champion’s Tips:
Pernahkah ada kegaglan yang begitu buruk sehingga Anda tidak berani mencobanya saat ini? Dapatkah Anda melihat hikmah dari kegagalan tersebut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: