IMPOSSIBLE IS NOTHING!

6 Feb

PERTAMA-TAMA saya ucapkan, selamat tahun baru 2006 bagi Anda semua. Apa yang pertama kali muncul dibenak Anda mengenai tahun 2006? Jika Anda membayangkannya sebagai tahun yang menakutkan untuk dijalani, bersiaplah untuk gagal tahun ini. Jika Anda melihatnya sebagai lembaran baru untuk mendapatkan pencapaian terbaik Anda tahun ini, Selamat, Anda telah berada di jalur yang tepat. Marilah kita mulai tahun ini dengan suatu semangat positif untuk menjadikan setiap tahun menjadi lebih berarti. Pencapaian terbaik Anda tahun lalu tidaklah berarti sekarang, karena lembaran baru dimulai dengan usaha dan pencapaian yang baru pula. Lembaran baru tahun ini saya buka dengan judul yang “membingungkan” yaitu: Impossible is Nothing! Anda mungkin bertanya apa bedanya dengan Nothing is Impossible! Bagi saya Nothing is Impossible! adalah pernyataan yang terlalu muluk dan tidak ada batasan jelas mengenainya seakan-akan semua hal dapat dicapai dengan mudah. Walaupun saya tidak menyatakan kalimat ini salah, tapi faedahnya bagi kita tidak banyak. Impossible is Nothing! adalah suatu pernyataan yang menggambarkan bahwa keterbatasan kita bukanlah sesuatu yang patut dibesar-besarkan. Keterbatasan kita adalah batasan yang kita buat sendiri sehingga kita terpaku akan perubahan dan kemajuan. Impossible is nothing! karena apa yang selalu kita pikir tidak mungkin bagi kita sendiri sebenarnya adalah hal yang masuk akal bagi orang lain. Dengan memakai konsep hidup ini di tahun 2006, kita dapat memacu diri dan mematahkan mitos keterbatasan kita untuk menjadi lebih baik lagi di tahun ini. Jika Anda ingin agar tahun 2006 menjadi tahun pencapaian tertinggi bahkan melewati batasan pikiran Anda, sebaiknya simaklah lima strategi sukses berikut ini:

Strategy #1 : Develop a Super Attitude towards Life. Strategi pertama erat sekali hubungan dengan sikap Anda menanti dan mengharapkan segala sesuatu yang positif dalam hidup dan karir Anda. Ada pepatah tua yang mengatakan, “Tuhan menentukan jalan hidup manusia, namun manusia mementukan bagaimana ia ingin menjalankan hidupnya.” Tahukah Anda bahwa sikap positif Anda tidaklah dibutuhkan pada saat semua hal dalam kondisi baik? Seseorang membutuhkan sikap yang paling positif ketika semua hal dalam hidupnya tidak berjalan sesuai dengan yang diinginkannya. Tahun 2006 dimulai dengan banyak fakta yang tidak mendukung pencapaian sukses. Mulai dari harga BBM yang meroket, suku bunga KPR yang mendekati 20%, inflasi 17.1% di tahun 2005 dan semua kebutuhan naik secara drastis seperti listrik, air dan bahan makanan. Apa yang baru saja saya sebutkan adalah hal-hal yang di luar kontrol kita. Dengan semua fakta yang nyata, yang menjadi permasalahannya adalah apa tindakan yang akan kita ambil? Jawabannya akan sangat menentukan keberhasilan kita. Ada pepatah yang mengatakan, “Circumstances do not make the man, they reveal him!” (Keadaan tidaklah menentukan keberhasilan atau kegagalan seseorang, tetapi dengannya ia membantu seseorang menemukan kekuatan yang sebenarnya dalam dirinya).

Apa yang orang lain katakan dan lakukan terhadap Anda tentu dapat memperlambat usaha Anda untuk sukses, tapi ia tidak mampu menghentikan usaha Anda. Kejadian-kejadian yang terjadi dalam hidup Anda juga akan berusaha menahan laju Anda, tapi sekali lagi ia tidak berhak menghentikan laju sukses Anda. Latar belakang keluarga yang miskin, kurang pendidikan, sakit penyakit jelas dapat mempengaruhi perjuangan Anda, namun sekali lagi mereka tidak dapat menghentikan usaha Anda. Satu-satunya yang dapat menghentikan secara menyeluruh usaha pencapaian sukses hanyalah diri Anda sendiri! Anda berperan sangat penting bagi kesuksesan diri Anda karena Anda 100% mengendalikan pikiran, perasaan dan tindakan untuk menghadapi segala keadaan yang berada di luar kuasa Anda. Dapatkah Anda melihat adanya kesempatan dalam kondisi buruk seperti di atas? Dapatkan Anda menemukan “positive meaning” terhadap kondisi di atas? Kondisi di atas juga dipikirkan oleh semua agen properti di Indonesia. Dan menurut saya, akan banyak MA yang tidak sanggup menghadapi situasi di atas dan mundur. Ketika kondisi makro menjadi sulit, primary market akan perlahan-lahan tersendat tetapi secondary market akan menjamur. Penjual yang dulunya tidak mau memberikan listing-nya secara eksklusif lambat laun akan mempercayakan kepada agen properti yang handal untuk membantu memasarkan properti-nya. Inilah kesempatan yang paling baik untuk mendapatkan exclusive listing dan ERA satu-satunya broker properti yang masih terus fokus untuk merealisasikan listing secara eksklusif. Dengan mempunyai cara berpikir seperti di atas, sikap positif Anda dibutuhkan untuk meraih kesempatan ini. Ada pepatah tua yang mengatakan, “We cannot direct the wind, but we can adjust the sails.” (Kita tidak dapat mengatur arah angin namun kita dapat mengatur layar kapal kita). Ingatlah positive attitude tidak dapat menyelesaikan masalah yang kita hadapi dengan seketika namun akan jauh menghasilkan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan negative attitude.

Orang-orang negatif mempunyai dua kalimat yang menjauhkan diri mereka dari kesuksesan. Kalimat pertama, “If Only… (Jika seandainya…) Kalimat ini sangatlah menghancurkan usaha pencapaian sukses contoh: Jika seandainya saya dilahirkan dari keluarga yang kaya, Jika seandainya saya mempunyai kesempatan untuk mengambil S2 …, dan seterusnya. Kalimat ini membuat seseorang mencari alasan bahkan kambing hitam atas kegagalannya. Kalimat kedua, “What If… (Apa yang akan terjadi jika…) Kalimat yang satu ini adalah kalimat yang terus menerus membuat orang khawatir dan takut sehingga tidak berani mengambil tindakan; contoh: Apa yang terjadi jika saya dipromosikan dan tidak dapat mengerjakan tugas saya?” Apa yang terjadi jika saya mengeluarkan uang untuk promosi iklan dan ternyata tidak satupun transaksi yang saya dapatkan?” Bayangkan, dua kalimat di atas membuat begitu banyak orang menjadi gagal dan tidak memanfaatkan kesempatan di depan mata mereka. Kedua kalimat ini merengut kekuatan potensial dalam diri Anda. Hindarilah penggunaan kedua kalimat ini dan mulailah hari ini dengan mengambil 100% tanggung jawab penuh akan keberhasilan Anda. Hari dimana Anda berhenti untuk mencari alasan dan kambing hitam adalah hari dimana Anda mulai menaiki tangga-tangga kesuksesan.

Strategy #2 : Change Your Thinking… Change Your Life… Tahukah Anda bahwa pikiran Anda dapat membuat Anda menjadi miskin atau kaya? Simaklah cerita berikut ini: Seorang bapak tua penjual hotdog setiap hari membuka kiosnya di dekat stasiun kereta api. Bisnisnya yang telah dirintis selama 15 tahun memberikan hasil yang cukup lumayan untuk dapat menyekolahkan anaknya sampai ke jenjang S2. Anaknya yang merupakan salah satu lulusan terbaik di kelas MBA di universitas yang paling bergensi di kota itu pada suatu hari menasehati ayahnya. Katanya,” Pa, bisnis tahun ini akan lesu karena kondisi ekonomi dan politik yang tidak menentu. Ada baiknya jangan terlalu memanjakan pelanggan dengan mengurangi porsi hotdog-nya. Nasehat lainnya adalah jangan terlalu banyak beriklan karena harga iklan telah naik dan respon-nya belum tentu menjanjikan”. Mendengar penjelasan anaknya mengenai situasi saat ini, sang ayah menerima dengan penuh percaya, maklum karena ia tidak dapat membaca dan tidak pernah menonton TV. Setelah satu tahun menjalankan apa yang dinasehatkan oleh anaknya, akhirnya usahanya bangkrut. Dengan tersenyum lemah sang ayah berkata kepada anaknya, “Terima kasih Nak atas nasehatnya, memang benar apa yang kamu katakan, Bisnis lagi lesu.” Pikiran (Thought) bagaikan suatu taman yang luas. Anda dapat memelihara taman Anda agar supaya memberikan hasil yang melimpah atau Anda dapat membiarkannya ditumbuhi benalu dan pada akhirnya rusak. Pikiran Anda sangatlah bergantung dengan apa yang Anda “tanam” di dalamnya. Jika Anda menanam hal yang positif, ia akan memberikan hasil yang positif demikian sebaliknya. Sikap (Attitude) dapat diibaratkan sebagai sinar matahari dan air hujan yang memberi “makan” pada pikiran kita. Tindakan (Action) dapat diibaratkan seperti seorang tukang kebun yang merawat tanamannya. Segala tindakan Anda adalah cermin dari pikiran Anda. Hasil (Results) adalah buah dari tindakan Anda. Semua hal ini bermula dari pikiran dan jika Anda dapat mengubah pikiran Anda, Anda juga dapat mengubah hidup Anda. Kesimpulannya, apa yang Anda harapkan terjadi, akan terjadi. Jadi berharaplah sukses maka pikiran Anda akan mempengaruhi sikap, tindakan dan hasil yang Anda inginkan.

Strategy #3: Motivation that Creates CHANGE. Motivasi yang sebenarnya yang akan terus bertahan lama adalah motivasi yang datangnya dari dalam diri kita. Banyak orang ingin berubah dan mempelajari bagaimana caranya berubah. Namun hal yang terpenting bukanlah mengetahui caranya (HOW) tetapi mengapa alasannya (WHY) Anda ingin berubah. Hal-hal apa saja yang ingin Anda ubah di tahun 2006 ini? Saya yakin Anda mempunyai setidak-tidaknya satu hal yang ingin Anda ubah atau ingin dicapai. Dari skala 1 s/d 10, satu berarti Anda sama sekali tidak bersemangat untuk meraihnya dan 10 artinya Anda harus meraihnya, angka berapa yang Anda pilih untuk menggambarkan keinginan Anda? Jika Anda memilih kurang dari 7, saya ragu Anda akan mencapainya. Namun, jika Anda memilih angka di atas 8, saya yakin Anda mempunyai kemungkinan yang sangat besar untuk mencapainya. Ingatlah keinginan terbesar Anda-lah yang akhirnya mengontrol kesuksesan Anda. Untuk bertumbuh seseorang mesti berubah namun perubahan seringkali berhubungan dengan resiko. Growth (bertumbuh) adalah suatu sikap menerima perubahan dengan cara positif, dan bertumbuh akan menjadi sangat menyakitkan hanya ketika kita menolak untuk berubah. Di dunia ini ada dua tipe manusia (1). Secara terus menerus berubah untuk mencapai apa yang diinginkannya (2). Menunggu sampai keadaan dimana dengan tidak berubah akan jauh lebih menyakitkan daripada berubah. Orang tipe yang kedua akan menjalani kehidupan ini bagaikan hukuman. Namun mereka yang menjalani hidup dengan beradaptasi dengan perubahan niscaya akan keluar sebagai pemenang dalam hidup ini. Apapun yang Anda hadapi dalam hidup ini, jika keinginan Anda sangatlah besar, Anda akan memiliki kekuatan untuk merealisasaikannya. Ingatlah, setiap hal di dalam kehidupan kita mempunyai harga yang sebanding yang harus dibayar. Semakin besar harga yang berani Anda bayar, semakin besar kesuksesan yang Anda akan raih.

Strategy #4: Love is the Strongest Power. Pelajarilah mereka yang paling sukses disetiap bidangnya dan Anda akan menemukan mereka semua mencintai pekerjaannya. Mereka makan, tidur bahkan bermimpi mengenai apa yang paling suka mereka kerjakan. Orang-orang sukses sangat bergairah jika Anda mulai menanyakan pekerjaan mereka. Namun lihatlah mereka yang tidak berprestasi, mereka sangat benci menceritakan bahkan seringkali malu menceritakan apa yang dikerjakannya. Kebahagiaan dan kesuksesan tidak semata-mata hanya diukur dari keberhasilan mengumpulkan uang yang banyak, namun terletak dari kecintaan Anda terhadap apa yang Anda lakukan. Tidak masuk akal menjadi yang terbaik dan mengeluarkan seluruh kemampuan Anda, jika Anda tidak mencintai pekerjaan Anda. Kesuksesan Anda berbanding lurus dengan kesenangan yang Anda terima dari apa yang Anda kerjakan. Tips sederhana untuk menjadi yang terbaik di tahun ini adalah, cobalah meluangkan waktu 12-15 jam setiap hari sepanjang tahun melakukan pekerjaan yang Anda senangi. Anda akan melihat hasil yang menakjubkan dalam waktu yang singkat. Ada lima tanda yang dapat mengenali apakah Anda benar-benar mencintai pekerjaan Anda. Tanda #1: Anda tetap bersemangat melakukan pekerjaan Anda bahkan pada saat dimana Anda tidak dibayar untuk melakukannya. Tanda #2: Fokus Anda untuk menguasai dan mendalami pekerjaan Anda bukan hanya menilai dari hasil yang didapatkannya saja. Tanda #3: Anda menjadi manusia yang lebih baik dan bijakasana dalam menjalankan pekerjaaan Anda. Tanda #4: Anda tidak merasakan waktu berjalan dengan cepat karena Anda begitu bergairah dengan pekerjaan Anda. Tanda #5: Anda “dibayar” oleh pelanggan Anda untuk melakukan apa yang paling Anda senangi. Jika Anda merasa setuju dengan kelima tanda di atas, Selamat! Anda benar-benar seorang juara yang mencintai pekerjaan Anda. Namun, jika Anda lebih condong dengan lima tanda berikut ini, pikirkanlah baik-baik apakah Anda mau terus menekuni pekerjaan Anda. Tanda #1: Mendapatkan uang yang banyak adalah prioritas #1 Anda. Tanda #2: Kesuksesan Anda dinilai dari apa yang dikatakan orang lain terhadap Anda. Tanda #3 : Anda hanya fokus pada hasil akhir bukannya pada prosesnya. Tanda #4: Anda suka mengambil jalan pintas untuk mencapai tujuan Anda. Tanda #5: Anda tidak menjadi orang yang lebih baik di pekerjaan Anda. Jika ke lima tanda di atas Anda alami saat ini, Anda mempunyai dua pilihan, ubah sikap dan cara pikir Anda atau cari pekerjaan lain.

Strategy #5: Just Do It! Principle. Usaha Anda baru akan terbukti ketika Anda menolak untuk menyerah. Mereka yang sukses terus berusaha walaupun banyak rintangan yang menghalangi mereka. Walaupun usaha keras Anda tidak berhasil mencapai apa yang Anda inginkan, setidak-tidaknya Anda mendapatkan sesuatu hal yang berharga. Christopher Columbus ingin membuktikan bahwa bumi itu tidak datar malahan bundar. Untuk membuktikan pernyataannya, ia mengarungi lautan untuk menemukan benua Asia, namun setelah melalui begitu banyak rintangan, ia tidak berhasil mencapai Asia tetapi ia menemukan sebuah benua baru yang sekarang kita kenal dengan nama Amerika. Janganlah menunggu semua keadaan menjadi sesuai dengan kehendak Anda, karena waktu seperti itu tidak pernah muncul. Ambillah tindakan awal dan tindakan-tindakan berikutnya agar Anda mampu makin dekat dengan tujuan Anda. Mulailah dari apapun yang Anda punyai saat ini, solusi baru akan datang ketika Anda mulai bergerak. Dan, ingatlah tindakan awal hanyalah permulaan, Anda harus mampu mempertahankan momentum Anda agar terus bersemangat menggapai tujuan Anda. Live Your Live with Passion!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: