HATI SEORANG MURID

6 Feb

Bacaan Firman
Bacalah Lukas 5:27-32 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini

Pertanyaan Renungan
1. Apa kata Yesus kepada orang Lewi dan bagaimana responnya? (ayat 27-29).
2. Apa respon orang Farisi dan ahli Taurat kepada para murid Yesus? (ayat 30).
3. Bagaimana sikap Yesus terhadap reaksi orang Farisi? (ayat 31-32).
Pernyataan Yesus sangat hebat dan sungguh-sngguh luar biasa, “”Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat.” Hati misi yang ada dalam Tuhan Yesus sungguh luar biasa. Hati misi adalah hati yang tidak memilih-milih atau melakukan diskriminasi terhadap seseorang. Ketika bertemu Lewi, seorang pemungut cukai, Yesus berkata dengan lembut kepadanya, “Ikutlah Aku.” Para pemungut cukai adalah orang-orang yang paling dibenci dan dimusuhi oleh orang-orang Yahudi, tapi justru Yesus memilih orang yang seperti ini menjadi murid-Nya.
Respon orang Lewi terhadap ajakan Yesus sungguh-sunguh di luar dugaan. Ia mengundang Yesus untuk makan di rumahnya, sekalian banyak pemungut cukai juga diundang ke perjamuan makan tersebut. Tujuannya adalah mereka juga bisa menjadi murid Yesus seperti yang ia alami. Bagaimana dengan hidup kita saat ini? Apakah kita juga rindu agar orang-orang berdosa menjadi murid Kristus? Kapankah terakhir kali kita mengundang seorang belum percaya untuk menerima Yesus menjadi Juruselamatnya? Rindukah kita untuk memiliki hati seperti Lewi yang mengajak orang lain juga menjadi murid Kristus setelah Yesus mengajak dia menjadi murid-Nya.

Renungan Firman
Apa respon kita setelah merenungkan Firman Tuhan hari ini? Apakah kita memberi respon seperti Lewi atau seperti orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat? Apakah kita mengasihi orang yang berdosa?

One Response to “HATI SEORANG MURID”

  1. clok 06/02/2012 at 7:15 AM #

    like this

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: