7 POWER OF POSITIVES

6 Feb

MENJELANG penutupan tahun 2005, marilah kita bersama-sama memacu diri kita dan mempersiapkan apa yang perlu kita lakukan untuk menghadapi tahun yang sarat dengan tantangan. Semua permasalahan dan tantangan yang belum sempat kita selesaikan di tahun ini, merupakan tantangan yang harus dipecahkan di tahun yang baru nanti. Demikian juga tahun yang baru mempunyai tantangan dan permasalahan sendiri yang lebih kompleks dan sangat membutuhkan positive mental attitude bukan hanya dalam menyongsong, melainkan juga menghadapinya dan keluar sebagai pemenang di tahun 2006.

Tahukah Anda bahwa salah satu aspek yang memegang peranan penting bagi kesuksesan adalah positive mental attitude (PMA). Sikap positif dan kesuksesan mempunyai hubungan bagaikan telur dan ayam. Jika Anda adalah seorang yang sukses, Anda juga pasti adalah seorang yang positif terhadap hidup ini, demikian juga jika Anda positif, Anda pasti adalah seorang yang sukses. Tidak menjadi masalah yang mana yang datang duluan; namun satu hal yang pasti, orang-orang yang positif dan sukses adalah mereka yang mampu mencapai hasil dan prestasi yang hebat jika dibandingkan dengan mereka yang berpikiran negatif.

Ada tujuh mental fitness yang jika diterapkan dalam hidup Anda, akan membuat Anda lebih positif, optimis, antusias dan “sehat” secara mental. Kita semua tahu apa arti dari physical fitness yaitu kebugaran fisik, dengan melakukan olahraga yang rutin dan pola makan yang teratur, kita akan memiliki tubuh yang lebih baik dan sehat. Namun jarang dari kita yang melakukan latihan secara mental; mental fitness adalah suatu latihan mental yang dapat menyehatkan “pikiran” kita agar dapat lebih terstimulasi secara positif. Kesuksesan seseorang mempunyai hubungan erat dengan berpikir positif oleh karena itu tugas kita sebagai orang yang sukses adalah bagaimana mengembangkan PMA dalam hidup kita. Jika Anda mempunyai komitmen selama 30 hari untuk pergi ke gym dan menjaga pola makan Anda, Anda pasti akan memiliki tubuh yang lebih sehat. Saya yakin Anda percaya akan fakta yang baru saya sebutkan. Tetapi yang lebih menggembirakan lagi, jika Anda mampu mempraktekkan olahraga mental selama 21 hari berturut-turut dan menjadi suatu kebiasaan, Anda dapat mengubah kehidupan Anda menjadi lebih sukses lagi.

Power #1 : Positive Self-Talk. Riset puluhan tahun di bidang psikologi telah menemukan suatu fakta penting yaitu cara Anda berbicara dengan diri Anda sendiri berpengaruh terhadap apa yang Anda rasakan. Jika Anda menginginkan kesuksesan yang cepat, mulailah berbicara dengan diri Anda secara positif. 95% dari emosi kita bergantung terhadap apa yang kita katakan kepada diri kita. Dengan menggunakan positive self talk, Anda memberikan fokus utama Anda terhadap apa yang Anda inginkan bukan terhadap apa yang Anda tidak inginkan. Dr. Martin Seligman dalam bukunya Learned Optimism menjelaskan apa yang disebut “explanatory style” yaitu bagaimana seseorang “menjelaskan” suatu keadaan/kejadian kepada diri mereka. Orang-orang sukses memberikan arti yang positif terhadap setiap hal yang ia hadapi apakah itu positif ataupun negatif. Sedangkan orang-orang negatif mengartikannya berlawanan yaitu melihat dari sudut pandang yang negatif. W. Clement Stone, salah seorang terkaya di jamannya, mempunyai satu rahasia kesuksesan yang ia bagikan, yaitu setiap kali ia menghadapi suatu keadaan baik maupun buruk ia selalu mengatakan,” It’s good … It’s good …” dan berusaha mencari sesuatu yang baik dan positif dari setiap kejadian yang ia hadapi. Manusia memiliki kecenderungan untuk berpikir negatif; makanya sebagai seorang juara, kita harus mampu mengontrol dialog yang ada dalam pikiran kita. Penggunaan affirmation (penegasan ulang) adalah suatu penemuan yang sangat praktis untuk mengubah perasaan dan pikiran kita terhadap sesuatu. Ada pepatah yang mengatakan,”You become what You think about.” (Anda akan menjadi sama dengan apa yang Anda pikirkan). Dengan berpikir positif dan mengulang penegasannya secara positif dapat mempengaruhi perasaan Anda baik kepada diri Anda sendiri maupun pelanggan Anda. Katakanlah,” I like myself!”, I love my job!” dan I am the best champion!” adalah contoh penegasan ulang yang dapat mengangkat citra diri Anda agar dapat lebih positif, semangat dan ntusias. Agar supaya penegasan ulang Anda dapat lebih terfokus pada hasil, Anda perlu mengikuti syarat 3P. P pertama adalah Personal, bahwa kalimat yang Anda pakai haruslah berhubungan secara pribadi contoh : Saya pasti berhasil, Saya … , dsb. P yang kedua adalah Present Tense, yaitu kalimat Anda harus berhubungan dengan saat ini, bukan sesuatu di masa yang akan datang, contoh: Saya pasti berhasil bukannya Saya akan berhasil. Dan P yang terakhir adalah Positive, contoh: Saya pasti menang, bukan Saya tidak mau kalah. Ingatlah untuk hanya berkata-kata akan hal yang ingin Anda capai bukan pada hal-hal yang tidak Anda inginkan. Demikian juga untuk selalu mengartikan secara positif, makna dari setiap kejadian sehingga Anda berpikir mencari solusinya bukannya terpaku dengan masalahnya.

Power #2: Positive Visualization. Semua pencapaian sukses di dalam diri seseorang bermula dari gambaran yang ada di benaknya. Ada pepatah yang mengatakan,”Cara pandang Anda terhadap dunia luar merupakan cerminan dari cara pandang di dalam diri Anda.” Bagaimana Anda melihat citra diri Anda sangat berpengaruh dengan kesuksesan Anda. Jika Anda mem-visualisasikan diri Anda sebagai orang yang positif, sukses, gembira, percaya diri, maka Anda akan berperilaku demikian. Apapun “gambaran” yang bersemayam di pikiran Anda merupakan gambaran dari citra sukses / gagal yang akan Anda capai. Gambaran yang bersemayam ini akan memberikan perintah kepada pikiran bawah sadar (subconscious mind) kita untuk mewujudkan gambaran itu menjadi kenyataan. Contoh: Jika Anda ingin memiliki mobil suzuki APV merah, pikiran bawah sadar Anda akan mencari mobil APV yang berwarna merah sehingga jangan heran Anda akan sering melihat jenis mobil yang satu ini. Mengapa orang-orang sukses mampu mengejar cita-citanya dengan cepat? Jawabannya karena mereka memikirkan apa yang mereka inginkan setiap saat sehingga mampu menangkap peluang-peluang yang ada. Apa bedanya dengan mereka yang tidak sukses? Mereka memikirkan hal-hal yang tidak ingin terjadi sehingga bukannya mereka fokus terhadap peluang melainkan mereka malah menjadi magnet yang menarik hal-hal yang tidak mereka inginkan menjadi kenyataan hidup yang pahit. Orang-orang sukses adalah mereka yang setiap saat memikirkan hal-hal yang konstruktif dan kreatif untuk pencapaian tujuan mereka. Sedangkan mereka yang negatif memikirkan kemarahan, kekesalan, iri hati, hal-hal yang tidak membangun, khawatir; makin sering mereka memikirkan hal-hal itu, makin negatif cara pandang hidupnya. Ingatlah untuk terus memberikan gambaran yang positif dan sukses ke dalam pikiran Anda. Percayalah visualisasi terhadap hal yang positif akan mempercepat usaha Anda dalam mengejar kesuksesan. Jadikanlah kebiasaan sebelum tidur untuk mem-visualisasikan hal-hal apa yang Anda akan selesaikan besok. Hal ini akan membuat Anda lebih bergairah untuk menyelesaikannya.

Power #3: Positive Mental Food. “You become what You eat.” Singkatnya, kondisi dan penampilan tubuh Anda sangat bergantung dengan apa yang Anda konsumsikan setiap hari. Jika Anda mengiyakan fakta yang satu ini, berarti Anda juga setuju bahwa kesuksesan Anda tergantung dari apa yang Anda berikan kepada pikiran Anda. Apa yang Anda baca setiap hari? Apa yang Anda dengar setiap hari? dan Apa yang Anda lihat setiap hari? Ketiga hal ini akan membentuk pola berpikir Anda. Apa yang akan terjadi jika Anda membaca sebuah buku horor kemudian melihat film horor dan mendengar cerita horor dari teman Anda? Tepat sekali. Anda pasti akan ketakutan setiap malam. Anda pasti setuju bahwa apapun yang Anda masukkan ke dalam pikiran Anda akan mempengaruhi perasaan dan tindakan Anda. Orang-orang sukses adalah mereka yang meluangkan waktu mereka membaca buku-buku motivasi dan mendengar kaset dan CD motivasi agar mereka dapat terus termotivasi. Jika Anda tilik pemberitaan koran, hampir semua dipenuhi dengan berita-berita negatif dan hal ini menjual. Jauhkan diri Anda dari bacaan-bacaan yang meresahkan dan negatif karena walaupun faktanya benar, hal itu tidak akan menambah sesuatu yang positif bagi kesuksesan Anda.

Power #4: Associate with Positive People. Jika Anda cermati orang-orang sukses, cobalah selidiki dengan siapa mereka bergaul? Anda pasti akan mendapatkan bahwa orang-orang sukses dikelilingi oleh orang-orang sukses lainnya. Sangat susah untuk bersemangat jika Anda dikelilingi oleh mereka yang tidak mempunyai semangat untuk meraih kesuksesan. Ketika kita masih kecil, lingkungan pergaulan kita didominasi oleh anggota keluarga kita. Jika kebetulan Anda memiliki keluarga yang mendorong dan percaya akan kesuksesan, Anda akan lebih mudah tumbuh dan mencari lingkungan sukses. Namun jika Anda tumbuh dari keluarga yang tidak percaya dengan sikap positif dan semangat sukses, Anda akan tumbuh menjadi seorang yang tidak berjuang keras untuk mengejar kesuksesan. Ketika Anda beranjak dewasa dan bekerja, Anda masuk dalam kelompok yang berbeda lagi. Singkat kata, jika Anda ingin sukses bergaul-lah dengan mereka yang mengejar kesuksesan, orang-orang sukses akan saling mendorong untuk maju. Sebaliknya, orang-orang negatif saling tarik menarik agar yang lain tidak maju. Manusia dapat diibiratkan berperilaku seperti bunglon dan akan menyesuaikan dengan lingkungan di mana ia berada. Lihatlah mereka yang bergabung dalam dinas kemiliteran. Mereka akan tumbuh menjadi orang yang sangat paham akan disiplin yang tinggi. Tetapi setelah mereka kembali ke dalam masyarakat, pengaruh lingkungan dapat mengubah sikap yang telah lama mereka jalani. Saran saya, jauhilah mereka yang negatif dan bersahabatlah dengan mereka yang positif.

Power #5: Positive Training & Development. Informasi dan pengetahuan adalah kunci untuk bersaing di abad baru ini. Apa yang Anda ketahui sampai saat ini, mungkin sudah obsolete (tidak berlaku lagi). Lihatlah perkembangan elektronik yang maju pesat. Informasi yang dimiliki oleh pelanggan Anda sepuluh tahun yang lalu pasti berbeda dengan informasi yang dipunyai-nya sekarang. Pelanggan Anda akan bertambah pintar, pesaing Anda akan bertambah banyak dan menawarkan produk dan servis yang tidak kalah bagusnya dengan harga yang sangat kompetitif. Tanpa tambahan pengetahuan dan informasi, Anda dapat ditinggalkan oleh pelanggan setia Anda yang menuntut Anda agar dapat memberikan informasi dan layanan yang lebih akurat dan praktis. Sikap percaya diri sejalan dengan bertambahnya pengetahuan Anda akan bidang Anda. Jika Anda mendisiplinkan diri untuk membaca 30-60 menit buku-buku yang dapat menambah pengetahuan di bidang Anda dan juga mengikuti seminar dan pelatihan dari mereka yang lebih berpengalaman dari Anda, niscaya dalam beberapa tahun, Anda juga dapat menjadi pakar di bidang Anda.

Power #6: Positive Health Habit. Energi yang besar dibutuhkan untuk mengejar kesuksesan Anda. Sangat sulit untuk tambil prima dan positif jika badan Anda terasa lelah dan tenaga Anda terkuras habis. Jika Anda tidak mempunyai waktu tidur yang cukup, Anda tidak akan siap untuk menyongsong kesempatan yang ada pada hari esok. Anda juga perlu mengkonsumsikan makanan yang bergizi dan sehat. Hindarilah makanan yang banyak lemak, banyak gula dan terlalu asin, gantilah pola makan Anda dengan mengkonsumsikan buah-buahan dan sayur-sayuran. Biasakan untuk meminum air putih yang banyak dan lakukanlah olahraga yang rutin. Jika Anda dapat merawat tubuh dan melatih raga Anda, niscaya pikiran Anda akan bertambah jernih dan siap dipakai untuk mengejar impian Anda.

Power #7: Positive Action. Banyak orang telah membaca berpuluh-puluh buku motivasi dan mendengar ceramah-ceramah motivasi, namun sayangnya mereka tidak mengambil tindakan yang cepat untuk mengejar kesuksesan. Mulailah hari Anda dengan semangat penuh untuk menyelesaikan tugas yang harus Anda selesaikan hari ini juga. Berusahalah untuk bertindak cepat, bergerak dengan cepat, karena makin cepat Anda bergerak dan bertindak akan sejalan dengan meningkatnya energi dan antusiasme Anda. Kebanyakan orang menunggu agar semua hal berubah sesuai dengan keinginan mereka, hal ini mengakibatkan mereka lamban untuk bertindak. Jim Rohn, pembicara motivasi yang terkenal, pernah menulis,”Jangan biarkan apa yang Anda pelajari membawa Anda ke pengetahuan. Biarlah apa yang Anda pelajari membawa Anda kepada perbuatan.” Tindakan awal tidaklah cukup, Anda perlu menjaga momentum Anda sampai tercapai hasil yang Anda inginkan. Banyak orang dapat memulai sesuatu, tetapi hanya segelintir yang mampu menyelesaikannya sampai tuntas. Orang tidak menilai Anda dari berapa banyak kesalahan yang Anda buat, tetapi mereka menilai dari kesuksesan yang Anda raih. Jadi, lupakanlah kekhawatiran akan kegagalan; ambillah tindakan yang besar dan lakukan sekarang juga. Clement Stone mempunyai prinsip yang ia ajarkan di perusahaannya yaitu dengan melakukan affirmation sebanyak 50 kali setiap pagi yang berbunyi,”Do It Now! … Do It Now!” Ya. Tepat sekali, ingatlah selalu setiap hari untuk menuntaskan tantangan Anda saat ini juga. Jika Anda telah mengambil tindakan, lama kelamaan Anda akan bertambah semangat untuk menyelesaikannya. Namun jika Anda terus menunda, ketakutan itu akan bertambah besar. Gabungkanlah slogan di atas dengan slogan sepatu Nike,”Just Do It and Do It Now then You will get DUIT !”

Summary Tujuh langkah untuk meningkatkan mental fitness Anda adalah langkah nyata untuk menciptakan kesuksesan yang Anda impikan. Jika Anda bertekad untuk menjadikannya suatu kebiasaan dan Anda menerapkannya dalam 21 hari secara konsisten, Saya yakin Anda akan menjadi juara yang tak terkalahkan. Live Life with Passion !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: