perubahan

13 Jan

“Perubahan adalah tentang hidup, bahwa hidup berubah, itu benar.”

Manusia selalu berusaha mencari dan terus mengejar apa yang mereka anggap pantas untuk didapatkan dalam hidup. Tidak jarang, bahkan seringkali muncul pertanyaan-pertanyaan dalam benak mereka, “Akankah aku dapatkan? Bolehkah aku miliki? Sanggupkah aku memperolehnya? Cukup layak/ pantaskah aku?..”

Hari ini, aku belajar banyak hal, bahwa dalam hidup kalimat “Tak ada yang abadi di dunia ini” bukanlah hanya sekedar pesan moral yang terpampang dalam buku-buku tentang motivasi. Atau hanya kalimat yang keluar dari seorang bijak yang menyadarkan tentang pentingnya hidup sesudah mati.

Aku tak akan bicara tentang mati, karna aku tak pernah mati sebelumnya dan bukan tak ingin, tp saat ini masih banyak mimpi yg harus aku raih, masih banyak hati yang harus aku bahagiakan dan terutama, masih terselip puluhan atau mungkin ratusan ide-ide yg bisa aku wujudkan.

“Tak ada yang abadi di dunia ini..”, bahwa bibit tanaman pun akan bertumbuh besar menjadi pohon yang kemudian tua, dan harus merelakan daunnya berguguran menyentuh bumi.
“Tak ada yang abadi di dunia ini..”, karena sungai pun bisa kering ketika kemarau melanda berkepanjangan.
“Tak ada yang abadi di dunia ini..”, dengan perginya orang-orang yang aku sayangi dari dunia ini, dan suatu saat aku pun akan menjadi bagian sejarah umat manusia yang tidak kekal.

Senyum akan berganti dengan isakan tangis..
Amarah bisa berubah menjadi kasih sayang..
Gelak tawa tidak mustahil beralih menjadi caci maki menyayat hati..
Sakit berubah menjadi sehat..
Bahagia menjadi kesedihan..
Bahkan yang kurang cantik, bisa menjadi cantik ( inerbeauty )

Perubahan bukan tak akan terjadi, dan perubahan jelas akan membawa penolakan karna berubah berarti ada yang berbeda dan sesuatu yang beda harus dikenali terlebih dahulu. Perubahan, bukan berarti tidak akan ada jiwa yang terluka, atau hati yang tersakiti. Perubahan juga membawa manusia pada satu situasi kondisi yang akan menyadarkan manusia tentang pentingnya masa lalu. Namun hidup, bukan tentang masa lalu, dan berubah harus melawan masa lalu.

Tak ada yang kekal di dunia ini, tak ada yang stag pada satu kondisi, karna sebuah proses pernah berjanji pada alam dan pada dunia bahwa ia akan membawa manusia pada satu titik balik, atau satu titik baru. Titik-titik kehidupan ada di dunia ini, tersebar tak merata sehingga membawa manusia pada pertanyaan-pertanyaan dititik manakah mereka akan singgah. Iya, singgah bukan untuk tinggal, sampai akhirnya titik kehidupan menyerahkan manusia pada sebuah titk terakhir, kematian.

Perubahan, bukan harus dijalani tapi dinikmati.
Perubahan tidak akan pernah berhenti, karna perubahan mengajarkan pentingnya menghargai waktu dan kehidupan.
Bersahabatlah dengan perubahan, agar ketika ia menghampiri rasanya tidak akan menyakitkan.

Rgds…
Dwi Sadela Maharangitha

–0o–

Apa dan Siapakah yang tidak akan berubah ..
untuk dapat menghadapi perubahan yang pasti, tidaklah harus menjadi pintar.. mungkin hanya sedikit mengerti.

PERUBAHAN BUTUH
PERJUANGAN

PERUBAHAN BUTUH
PENGORBANAAN

PERUBAHAN BUTUH
KOMITMEN

PERUBAHAN BUTUH
TINDAKAN

PERUBAHAN BUTUH
KEYAKINAN UNTUK BISA MELAKUKAN,YA…….

tidak perlu menjadi pintar untuk mengetahui apa itu perjuangan .. pengorbanan.. komitmen.. tindakan.. atau keyakinan.
dan kemudian cobalah untuk menjadi lebih bijak melakukan semua yang perlu dilakukan untuk menghadapi perubahan setelah kita mengetahuinya.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

